
Jangan Ikut Pelatihan Digital Marketing Sebelum Tahu 5 Hal ini!
Saat ini banyak beredar kelas pelatihan digital marketing baik secara online maupun offline dengan penawaran yang sangat menarik. Tapi setelah mengikuti pelatihan tersebut pernahkah kamu merasa kecewa karena materi yang disampaikan terlalu monoton dan membosankan?
Perlu diketahui bahwa banyak sekali kelas pelatihan pemasaran digital , tapi sedikit yang sesuai dan mengerti kebutuhanmu. Artikel ini akan membahas 5 hal penting yang harus kamu ketahui sebelum memutuskan untuk mengikuti kelas pelatihan digital marketing.
Apa Itu Pelatihan Digital Marketing?
Pelatihan digital marketing merupakan sebuah usaha yang dilakukan seseorang untuk belajar skill baru atau sekadar meningkatkan kemampuan digital marketing yang sudah dimiliki. Pelatihan ini merupakan program yang dirancang untuk bekal dan kesiapan peserta dalam memasarkan produk atau jasa melalui media online seperti website atau e-commerce.
Pelatihan ini biasanya mencakup berbagai topik seperti :
- Search Engine Optimization ( SEO) – Sebuah cara agar jangkauan visual suatu website dapat terbaca di urutan pertama mesin pencari google
- Search Engine Marketing (SEM) – Cara pemasaran daring yang memanfaatkan media iklan berbayar sebagai jangkauan visual suatu produk di mesin pencari
- Social Media Marketing – Sebuah pendekatan menggunakan media sosial seperti facebook, tiktok dan instagram untuk menjangkau penonton.
- Content Marketing – strategi pemasaran yang berfokus pada pembuatan dan pendistribusian konten yang edukatif, relevan dan menarik dengan tujuan aduinse dapat melakukan sesuatu seperti pembelian.
- Email Marketing – Sebuah cara pendekatan dengan audiens dengan menggunakan email sebagai media untuk berkomunikasi. Kontennya bisa berupa promo atau edukasi.
Selain itu digital marketing juga fokus dengan Affiliate Marketing, web analyst dan sebagainya.
Jenis pelatihan yang berkaitan dengan pemasaran digital ini bisa bermacam-macam seperti online, offline bahkan bootcamp dengan real project serta sertifikat sebagai bukti mengikuti pelatihan dan kredibilitas sebuah tempat pelatihan.
Adanya pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh mengenai pemasaran digital. Lalu apa yang harus dipersiapkan sebelum mengikuti pelatihan digital marketing?
5 Hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Ikut Pelatihan Digital Marketing
Berikut ini 5 hal yang perlu kamu tahu untuk belajar digital marketing.
1. Apa Tujuan pribadi ikut pelatihan?

Sebelum mendaftar dan mengikuti kelas pelatihan pemasaran digital, tanyakan pada dirimu sendiri apa tujuanku mengikuti pelatihan ini? Apakah untuk menjadi praktisi yang kompeten di bidang digital marketing yang bekerja di sebuah perusahaan, atau menjadi seorang freelance yang menyediakan jasa sendiri kepada client atau hanya ingin memiliki pemahaman dasar untuk kebutuhan pribadi atau bisnis kecil.
Memahami tujuan mengikuti pelatihan dapat membantumu agar tidak terjebak mengikuti pelatihan yang terlalu dasar atau malah terlalu kompleks. Jangan pernah mengikuti kelas digital marketing karena FOMO atau ikut-ikutan. Pelatihan ini menghabiskan waktu, tenaga dan uang. Jadi, kamu harus tahu terlebih dulu apa yang kamu cari lalu tentukan pelatihan yang benar-benar menjadi kebutuhanmu.
2. Materi dan Kurikulum yang Sesuai Kebutuhan

Banyak pelatihan yang menawarkan paket lengkap yang terkesan menggiurkan, namun apakah itu yang kamu cari? Mencari tempat pelatihan dengan Kurikulum dan materi yang sesuai akan membantumu belajar digital marketing dengan baik.
Sebelum mendaftar pelatihan, baca atau tanya terlebih dahulu mengenai kurikulum pelatihannya. Apakah sesuai kebutuhanmu? apakah disertai reall project? Jangan sampai kamu kecewa karena pelatihan yang kamu ikuti terlalu dasar atau terlalu rumit karena bukan levelmu.
3. Kredibilitas Pengajar dan Lembaga Pelatihan

Pelatihan digital marketing yang bagus bukan hanya perihal materi, tapi pengajar yang profesional dan lembaga pelatihan yang terpercaya. Jangan mudah tergiur karena viral dan promosinya heboh di media sosial.
Namun sebelum itu, ada baiknya kamu mencari tahu lebih dalam apakah pengajarnya benar-benar seorang praktisi berpengalaman di bidang digital marketing, atau sekadar menyampaikan materi teori. Praktisi yang sudah terbiasa terjun langsung biasanya mampu menjelaskan dengan bahasa yang lebih sederhana dan membagikan tips praktis yang bisa langsung diterapkan.
Selain kredibilitas pengajar, hal yang perlu kamu cari tahu lebih dalam adalah lembaga pelatihan yang akan menemanimu belajar digital marketing. Cari tahu testimoni alumninya, baik dari media sosial atau forum diskusi. Biasanya lembaga pelatihan yang terpercaya akan lebih transparan perihal pengajar dan output yang dihasilkan setelah mengikuti pelatihan.
4. Praktik atau Memiliki Project

Pastikan lembaga pelatihan yang kamu ikuti memiliki kurikulum yang mengajarkanmu praktik secara langsung melalui studi kasus, project atau simulasi. Hal ini karena mempelajari teori saja tanpa praktik tidak akan membuatmu benar-benar paham. Pelatihan tanpa praktik hanya jadi teori yang akan tinggal diingatanmu dalam waktu sebentar.
Pelatihan yang baik akan mengajarkanmu teori sambil praktik, bukan hanya mendengarkan dan membaca slide saja. Selain menjadikanmu lebih memahami teori, belajar dengan praktik juga dapat menambah portofolio untuk bekal kerja di dunia pemasaran digital.
5. Harga dan Manfaat yang Didapat. Apakah Worth It?

Saat ini tersedia berbagai bentuk bootcamp atau kelas digital marketing. Mulai dari yang gratis, ratusan ribu, hingga jutaan rupiah. Pelatihan dengan harga yang mahal tidak menjanjikan pelatihan tersebut dapat mengantarkanmu ke pintu karir digital marketing dan pelatihan yang cukup terjangkau juga tidak dapat menjanjikan kamu memahami teori-teori digital marketing dengan pemahaman yang baik. Mahal dan murah, tidak menjadi jaminan.
Berikut hal-hal yang perlu kamu pertimbangkan sebelum memilih lembaga pelatihan:
- Apa saja yang didapat. Kamu perlu mempelajari lebih lanjut mengenai benefit dari pelatihan yang akan kamu ikuti. Misal berupa rekaman, sesi live, workbook, grup diskusi dan sesi tanya langsung dengan mentor.
- Komunitas atau forum alumni. Adanya komunitas dan forum alumni dapat menjadi media komunikasi perihal keingintahuanmu dan bisa menjadi media informasi kesempatan berkarir di dunia digital marketing di berbagai sektor.
- Dukungan setelah pelatihan. Apakah setelah pelatihan akan mendapatkan bimbingan intensif atau hanya berakhir di pelatihan saja.
- Materi dan fasilitas sesuai dengan harga. Sebelum ikut pelatihan pastikan benefit yang kamu peroleh sepadan dengan investasi yang kamu keluarkan. Carilah tempat pelatihan yang tidak hanya sekadar menjual kursus, tetapi yang bisa membantumu berkembang.
Baca Juga : 10 Daftar Jurusan Kuliah Banyak Diminati dan Populer
Sudah Siap Ikut Pelatihan Digital Marketing? Cek Ulang 5 Hal di atas!
Mengikuti kelas digital marketing bisa menjadi awal yang besar bagi bisnis atau karir mu. Tetapi, keputusan yang terburu-buru justru hanya dapat membuang waktu, tenaga dan uang, serta membuatmu kecewa. Pastikan kamu telah mengecek ulang 5 tips yang dapat membantumu menemukan tempat pelatihan yang benar-benar sejalan dengan kebutuhan dan tujuanmu.
Di sinilah, Digibos hadir bukan hanya sekadar tempat belajar, tetapi juga sebagai ruang berkembang. Di sini, kamu tidak hanya duduk diam mendengarkan teori, kamu akan belajar dengan para praktisi digibos yang sudah terjun langsung, menyentuh real project yang sesuai dan menjadi bagian dari komunitas yang saling support.
Karena digibos percaya, belajar digital marketing bukan sekadar cepat-cepatan, tapi tentang proses yang tepat dan berdampak.
Kalau kamu ngerasa siap, digibos siap mendampingi langkah pertama mu menjadi seorang digital marketing. yuk, daftar sekarang di pelatihan digital marketing digibos dan mulai bangun skill digitalmu dengan cara yang tepat dan mudah.
