fbpx

PAT vs PAS: Perbedaan yang Perlu Kalian Ketahui

PAT vs PAS

kelassore.id (PAT vs PAS: Perbedaan yang Perlu Kalian Ketahui) – Biasanya ketika sudah akhir semester apa nih yang bakal kalian lakukan? Pastinya mempersiapkan diri untuk ujian dengan belajar lebih giat bukan? Nah kalian sudah tau belum bahwa PAT (Penilaian Akhir Tahun) dan PAS (Penilaian Akhir Semester) itu berbeda loh! Dari mulai segi nama saja sudah berbeda, bahkan pelaksaan ujian atu penilaian keduanya juga di periode yang berbeda pula. Mau tau lebih lengkapnya tentang perbedaan kedua penilaian tersebut? Yuk simak sampai akhir, akan kami kupas dalam artikel berjudul PAT vs PAS ini!

Sebenarnya PAT, PAS, PTS itu adalah nama baru dari UKK, UAS, UTS, UH, dan lainnya yang berbasis kata depannya adalah “Ujian” diganti menjadi “Penilaian”. Mengapa? Karena istilah ini mulai digunakan secara luas setelah terbitnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 3 Tahun 2017 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pemerintah dan Penilaian Hasil Belajar oleh Satuan Pendidikan.

PAT vs PAS: Pengertian

Apa itu PAT (Penilaian Akhir Tahun)?

PAT atau Penilaian Akhir Tahun merupakan sistem penilaian untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diperoleh selama semester genap (semester dua).  istilah pengganti untuk Ujian Kenaikan Kelas atau Ujian Akhir Semester. Penilaian ini pelaksanaannya pada penghujung semester belajar.

PAT hanya diikuti oleh kelas 7 dan 8 SMP serta 10 dan 11 SMA, sebagai syarat untuk kenaikan kelas, sementara kelas 9 SMP dan 12 SMA tidak dilaksanakan penilaian PAT akan tetapi mereka mengikuti ujian sekolah (US). 

Apa itu PAS (Penilaian Akhir Semester)?

Penilaian Akhir Semester atau PAS merupakan sistem penilaian untuk mengukur pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang diperoleh selama semester ganjil (semester satu). Per 1 Februari 2021, PAS menjadi syarat kenaikan kelas siswa. Selama masa pandemi, kegiatan belajar dan mengajar (KBM) memang mengalami banyak penyesuaian. Salah satunya pada pelaksanaan PAS ini. Selain menjadi syarat kenaikan kelas, PAS selama masa pandemi juga dilakukan secara daring. Pihak sekolah juga bisa memberikan penugasan sesuai materi selama semester ganjil.

PAT vs PAS: Aspek yang Dinilai

Aspek yang dinilai dalam PAT

PAT merupakan penilaian yang dilaksanakan di akhir semester genap untuk mengukur pencapaian kompetensi didik. Hasil ulangan PAT nantinya akan dianalisis dan dan dioleh bersama nilai ulangan harian dan nilai Penilaian Tengah Semester (PAT) sehingga menjadi nilai akhir yang tertulis di rapor kenaikan kelas. Berdasarkan kurikulum 2013 yang digunakan saat ini ada 3 aspek penilaian yaitu penilaian pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diujikan dalam bentuk teori dan praktik.

Aspek yang dinilai dalam PAS

PAS merupakan bagian dari Kurikulum 2013 (K-13/Kurtilas). Itu artinya, aspek yang dinilai dalam PAS pun masih mengikuti ketentuan K-13. Adapun aspek penilaian K-13 mencakup tiga hal, yakni aspek sikap, aspek pengetahuan, dan aspek keterampilan. Sedangkan untuk materi yang diujikan kepada siswa adalah seluruh materi kompetensi dasar (KD) yang dipelajari selama semester ganjil.

PAT vs PAS: Tujuan

Tujuan Penilaian Akhir Tahun

Selanjutnya adalah tujuan PAT vs PAS yaitu sama-sama bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa. Namun jika PAT pada akhir semester genap saja, juga dilakukan untuk menentukan apakah siswa bisa naik ke kelas berikutnya atau tidak. Misalnya, dari kelas 1 SD naik ke kelas 2 SD. Penilaian Akhir Tahun yang dilakukan di akhir semester genap juga bertujuan untuk menentukan apakah siswa kelas 6 SD, kelas 9 SMP, dan kelas 12 SMA lulus atau tidak.

Nantinya, hasil PAT akan diolah dan dianalisis untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Hasil penilaian ini juga dapat dimanfaatkan untuk pengisian rapor.

Pada siswa SMA Kelas 12, hasil PAT dapat digunakan untuk seleksi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) atau saat ini lebih dikenal dengan istilah PAS diikuti oleh setiap jenjang pendidikan, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA. Tujuannya adalah menguji capaian pembelajaran siswa selama semester ganjil (6 bulan).

Tujuan Penilaian Akhir Semester

PAS diikuti oleh setiap jenjang pendidikan, mulai dari kelas 1 SD hingga kelas 12 SMA. Tujuannya adalah menguji pencapaian pembelajaran siswa selama semester ganjil (6 bulan). Berbeda dengan PTS (Penilaian Tengah Semester), jika PTS dilakukan di pertengahan semester dan PAS dilakukan saat mau pergantian dari semester ganjil ke semester genap. Tujuan lain dari PAS ini agar siswa mengenal kembali materi yang akan diujikan sebelum masuk ke PAT. Jadi agar siswa tetap mengingat materi-materi dari bab semester sebelumnya yang sudah diujikan.

PAT vs PAS: Pelaksanaan

Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun

Selanjutnya kita akan membahas pelaksanaan PAT vs PAS,  pelaksanaan PAT dimulai dengan pemerintah daerah yang akan merilis kalender akademik setiap tahun ajaran. Kalender akademis ini selanjutnya akan menjadi panduan setiap sekolah dalam menentukan jadwal pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester), PAS (Penilaian Akhir Semester), dan Penilaian Akhir Tahun (PAT). Penilaian Akhir Tahun (PAT) ini selalu dilaksanakan di akhir tahun ajaran semester genap. Biasanya, penilaian ini dilakukan selama seminggu.

Setelah mendapat jadwal pelaksanaan PAT dari pemerintah daerah, langkah berikutnya yang perlu dilakukan guru adalah mempersiapkan administrasi PAT. Administrasi PAT ini terdiri dari panduan penilaian akhir tahun, laporan penilaian akhir tahun, kisi-kisi soal untuk siswa, dan soal-soal yang akan diujikan pada PAT.

Sementara untuk materi yang diujikan adalah seluruh materi yang telah dipelajari siswa pada semester genap. Setelah siswa menyelesaikan PAT, selanjutnya guru akan mengolah dan menganalisis hasil PAT untuk menentukan ketuntasan siswa dalam belajar.

Perlu diketahui, Penilaian Akhir Tahun (PAT) tidak hanya hasil akhir yang dicapai siswa setelah mengikuti ujian saja. Ada beberapa indikator lain yang berpengaruh pada PAT, antara lain penugasan selama proses belajar-mengajar, penilaian sikap atau karakter siswa, dan penilaian keterampilan siswa.

Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester

Pada kurikulum sebelumnya, penentuan ketuntasan siswa dalam belajar berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Namun, pada Kurikulum Merdeka ini, KKM sudah tidak lagi menjadi tolok ukur pencapaian hasil belajar siswa.

Ketuntasan belajar siswa ditentukan berdasarkan Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) mengingat kurikulum baru ini lebih menekankan pada penggunaan penilaian formatif. Ketuntasan belajar siswa dalam penilaian formatif Kurikulum Merdeka ini bisa dilihat berdasarkan deskripsi kriteria, rubrik performa, interval nilai, interval nilai yang diolah dari rubrik, dan memperhatikan kompetensi yang ada dalam tujuan pembelajaran.

Siswa yang belum memenuhi KKTP alias belum tuntas harus mengikuti remedial, sedangkan siswa yang tuntas dapat melanjutkan ke kelas berikutnya. Sama seperti PAT, PAS juga dilaksanakan setelah mendapat jadwal pelaksanaan PAS dari pemerintah daerah, langkah berikutnya yang perlu dilakukan guru adalah mempersiapkan administrasi PAS. Administrasi PAS ini terdiri dari panduan penilaian akhir tahun, laporan penilaian akhir Semester, kisi-kisi soal untuk siswa, dan soal-soal yang akan diujikan pada PAS

PAT vs PAS: Perbedaan

PAT dan PAS sering dianggap sama karena dilaksanakan pada setiap akhir semester,  padahal, keduanya berbeda dikarenakan PAS dilaksanakan pada akhir semester ganjil, sedangkan PAT dilaksanakan pada akhir semester genap (semester dua).

Dari sini, bisa kita ketahui bahwa Penilaian Akhir Semester atau PAS adalah titik penting dalam pendidikan kita. Nah, gimana nih penjelasan dan pembahasan kita kali ini? kalian sudah memahami mana yang PAT dan mana yang PAS dengan menyimak artikel PAT vs PAS ini bukan? Jika kalian ingin tau pembahasan fakta menarik lain ataupun mungkin materi-materi lain, kalian bisa follow instagram kami di bawah ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin