fbpx

Teks Prosedur Bahasa Indonesia: Makna, Contoh dan Ciri-ciri

kelassore.id (Teks Prosedur Bahasa Indonesia: Makna, Contoh dan Ciri-ciri) – Kita semua pastinya pernah membaca atau menonton sebuah tutorial petunjuk atau cara melakukan suatu hal yang belum kita ketahui. Entah itu untuk kebutuhan pribadi, untuk membenarkan alat yang rusak, cara menggunakan alat yang baru kita beli, mengerjakan sesuatu dan masih banyak lagi. Pada materi bahasa Indonesia tulisan yang berisi petunjuk untuk melakukan sesuatu disebut sebagai teks prosedur.

Apa itu Teks Prosedur

Jaman sekarang sudah tidak zaman hanya jadi penonton! efek adanya internet dan sosial media membuat kita semua memiliki media pribadi yang bisa dijadikan sebagai alat untuk bertukar informasi secara luas. Kamu bisa memanfaatkan hal tersebut agar makin bermanfaat untuk orang lain, salah satunya dengan cara membuat tutorial mengenai apa yang kamu bisa kerjakan.

Memahami teks prosedur bahasa Indonesia sangat penting agar kamu bisa membuat sebuah teks, video atau tutorial yang berisi petunjuk agar sistematis dan dapat dipahami dengan baik oleh calon audiens. Nah untuk itu yuk simak artikel berikut hingga akhir agar kamu bisa belajar mengenai apa itu teks prosedur, contoh dan ciri-cirinya. Yuk simak hingga akhir.

Apa itu Teks Prosedur?

Teks prosedur adalah jenis teks dalam bahasa Indonesia yang digunakan untuk memberikan instruksi atau panduan tentang suatu tindakan atau proses tertentu. Tujuan utama dari teks prosedur adalah memberikan petunjuk yang jelas dan sistematis kepada pembaca sehingga mereka dapat melaksanakan tugas atau aktivitas dengan benar dan efisien.

Menurut KBBI prosedur dapat diartikan sebagai sebuah tahap menyelesaikan atau memecahkan suatu masalah atau tantangan yang tengah di hadapi. Jadi teks prosedur bisa diartikan sebagai teks yang berisi cara untuk melakukan atau menyelesaikan sesuatu yang terdiri dari tahapan-tahapan serta memiliki struktur kalimat perintah yang dapat ditirukan.

Teks prosedur biasanya mengikuti struktur yang terorganisir, termasuk langkah-langkah yang disusun secara kronologis. Beberapa contoh teks prosedur meliputi resep masakan, petunjuk perakitan, panduan penggunaan alat, atau prosedur keamanan dalam suatu kegiatan.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan utama dari teks prosedur adalah memberikan instruksi yang jelas dan sistematis kepada pembaca sehingga mereka dapat melaksanakan suatu tindakan atau proses dengan benar, efisien, tanpa ada kesalahan. Beberapa tujuan khusus dari teks prosedur meliputi:

Jenis-Jenis Teks Prosedur

Terdapat 3 jenis teks prosedur, yaitu teks prosedur sederhana, protokol dan kompleks. Penjelasan lengkapnya sebagai berikut:

Teks Prosedur Sederhana: Teks prosedur sederhana adalah jenis teks prosedur yang memberikan instruksi atau panduan untuk melakukan tindakan atau proses yang relatif mudah dan tidak memerlukan banyak tahapan. Contoh teks prosedur sederhana: Memasak mie instan, atau petunjuk tentang cara mengisi formulir pendaftaran. Teks prosedur sederhana umumnya memiliki struktur yang jelas dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami.

Teks Prosedur Protokol: Teks prosedur protokol adalah jenis teks prosedur yang memberikan panduan yang lebih formal dan terstruktur untuk tindakan atau proses yang lebih kompleks atau penting. Biasanya digunakan dalam situasi di mana keamanan, ketepatan sangat diperhatikan. Contoh teks prosedur protokol meliputi: Petunjuk untuk prosedur medis, pedoman keamanan dalam penerbangan, atau prosedur evakuasi dalam situasi darurat. Teks prosedur protokol sering kali memuat langkah-langkah yang sangat rinci dan memerlukan pelatihan khusus untuk melaksanakannya.

Teks Prosedur Kompleks: Teks prosedur kompleks adalah jenis teks prosedur yang digunakan untuk menjelaskan tindakan atau proses yang sangat rumit, terinci, dan seringkali melibatkan banyak langkah atau tahapan. Contohnya adalah instruksi untuk merakit suatu perangkat elektronik, prosedur dalam industri kimia. Teks prosedur kompleks dapat mencakup ilustrasi, sub tahapan yang akan membantu pemahaman dan pelaksanaan instruksi dengan lebih baik.

Struktur Teks Prosedur

Struktur teks prosedur memiliki komponen-komponen khusus yang membantu pembaca memahami dan mengikuti instruksi dengan mudah. Berikut adalah struktur umum teks prosedur:

Judul

Judul teks prosedur biasanya ditempatkan di bagian atas teks. Judul harus mencerminkan tindakan atau proses yang akan dijelaskan dalam teks prosedur.

Tujuan

Bagian ini menjelaskan mengapa tindakan atau proses tersebut perlu dilakukan. Ini memberikan konteks kepada pembaca tentang mengapa instruksi ini relevan dan penting untuk diikuti.

Bahan atau Peralatan yang Dibutuhkan

Daftar bahan atau peralatan yang diperlukan untuk melaksanakan tindakan atau proses. Misalnya, dalam resep masakan, ini dapat mencakup daftar bahan-bahan yang harus disiapkan.

Langkah-langkah

Bagian utama dari teks prosedur adalah langkah-langkah atau instruksi tentang cara melakukan tindakan atau proses. Langkah-langkah ini biasanya disusun secara kronologis dan menggunakan kata kerja imperatif (perintah).

Ciri-ciri teks prosedur meliputi

Bahasa Jelas dan Tepat

Teks prosedur harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami dan tepat. Kata-kata atau frasa yang ambigu harus dihindari. Dalam membuat teks prosedur gunakan kata yang bernada perintah (mengandung kata kerja aktif).

Urutan Langkah-langkah

Proses atau tindakan yang dijelaskan dalam teks prosedur harus diurutkan secara kronologis, sehingga pembaca dapat mengikuti instruksi dengan mudah.

Penggunaan Kata Kerja Imperatif

Teks prosedur sering menggunakan kata kerja dalam bentuk imperatif (perintah) untuk memberikan instruksi langsung kepada pembaca, misalnya, “Campurkan bahan A dengan bahan B.”

Penggunaan Nomor atau Bulletpoint

Langkah-langkah dalam teks prosedur sering diberi nomor atau tanda bulletpoint untuk membuat struktur lebih terorganisir dan mudah diikuti.

Gambar atau Ilustrasi

Di beberapa kesempatan teks prosedur juga dilengkapi dengan gambar atau ilustrasi untuk memberikan pemahaman visual yang lebih baik.

Contoh Teks Prosedur

Cara Memasak Mie Instan

Bahan yang Dibutuhkan:

  • 1 bungkus mie instan
  • Air
  • Panci
  • Kompor

Langkah-langkah:

Panci dan Air

Isi panci dengan air secukupnya. Pastikan jumlah air yang cukup untuk merendam mie instan nantinya.

Panaskan Air

Nyalakan kompor dan panaskan air dalam panci hingga mendidih. Pastikan air sudah mendidih sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Buka Bungkus Mie

Sambil menunggu air mendidih, buka bungkus mie instan dengan hati-hati dan ambil mie instan dari dalamnya.

Masukkan Mie ke Panci

Setelah air mendidih, masukkan mie instan ke dalam panci berisi air mendidih. Gunakan spatula atau garpu untuk memisahkan mie jika perlu.

Rebus Mie

Rebus mie instan dalam air mendidih selama 2-3 menit atau sesuai petunjuk pada kemasan mie instan. Waktu rebusan bisa ditambah apabila ingin mie dengan tekstur yang lebih lunak.

Aduk dan Cek Kematangan

Sesekali aduk mie dengan sendok atau spatula untuk memastikan rebusan merata. Cek kematangan mie dengan mencicipi satu atau dua helai untuk memastikan teksturnya sesuai selera.

Tiriskan Mie

Setelah mie mencapai tingkat kematangan yang diinginkan, matikan kompor dan tiriskan air rebusan dari mie, bisa menggunakan saringan atau panci saringan.

Sajikan

Mie instan siap disajikan. Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu dari kemasan mie instan atau membuat tambahan seperti sayuran, telur rebus, atau daging sesuai selera.

Bagaimana? Itulah penjelasan lengkap mengenai apa itu teks prosedur, tujuan, struktur, ciri-ciri dan contoh teks prosedur sederhana. Jika kamu masih kesulitan dalam memahami materi mengenai teks prosedur atau materi mata pelajaran yang lainnya. Saatnya kamu gabung di kelassoreid. Di sana kamu akan belajar bersama tutor kece yang punya metode belajar paling efektif dan siap nemenin kamu belajar sampai ke akar-akarnya.

Masih bingung harus ambil program apa? Klik tombol di bawah ini untuk konsultasi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin