fbpx

Memahami Cerita Dongeng: Pengertian, Ciri-ciri dan Contohnya

kelassore.id “Dahulu kala…” pernah membaca cerita yang memiliki awalan seperti kata-kata di samping? Pembuka kalimat yang mengisahkan masa lampau adalah salah satu ciri dari cerita dongeng. Apakah kamu masih ingat dulu ketika masih kecil sering dibacakan cerita dongeng sebelum tidur? Dongeng merupakan cerita yang menemani kita beranjak dewasa. Dalam dongeng tidak hanya berupa cerita fiksi imajinatif saja, di dalamnya mengandung amanat dan nilai-nilai yang syarat akan makna. Pertanyaan yang kemudian muncul adalah, apa sih dongeng itu. Yuk kita belajar bersama memahami cerita dongeng, mulai dari pengertian, ciri-ciri hingga contoh dongeng terkenal di Indonesia.

Memahami Cerita Dongeng

Pengertian Dongeng

Tahukah kamu tanggal 20 Maret di peringati sebagai hari dongeng sedunia dan juga hari kebahagiaan internasional. Dongeng sendiri merupakan sebuah cerita yang tidak benar-benar terjadi (fiksi) latar cerita dalam dongeng biasanya kejadian zaman dahulu yang diluar batas wajar. Dongeng juga dapat diartikan sebagai cerita rakyat khayalan atau fiktif yang mengusung tema imajinatif, tidak masuk akal akan tetapi selalu menyisipkan makna dan amanat.

Cerita dongeng seringkali berkaitan dengan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal gaib, magis, supranatural yang diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dongeng selalu menghadirkan konflik dramatis yang membuat para pembaca merasakan suasana dan seperti terlibat dalam ceritanya.

Berbeda dengan cerita fiksi lainnya pada cerita dongeng biasanya tidak diketahui siapa pembuatnya. Dongeng menyebar tidak hanya dalam bentuk tulisan tapi juga tulisan. Beberapa cerita dongeng terkenal adalah cerita turun temurun yang sudah ada sejak nenek moyang. Maka dari itu pulalah mengapa dongeng dapat dikategorikan sebagai sastra lama.

Hari ini dongeng merupakan media hiburan yang cukup menarik. Tidak hanya menghibur dongeng juga akan menyampaikan pesan-pesan tersirat. Hari ini banyak juga cerita-cerita dongeng yang diaplikasikan menjadi sebuah film. Beberapa film terkenal yang ceritanya terinspirasi dari dongeng seperti Frozen, Cinderella, Moana, Beauty and the Beast, Hansel dan Gretel dan lain sebagainya.

Ciri-ciri Dongeng

Latar Zaman

Ciri paling menonjol dari dongeng adalah cerita zaman dahulu. Hal ini pulalah mengapa cerita dongeng sering diawali dengan kalimat yang menyatakan cerita lampau. Meskipun seiring perkembangan zaman ada juga dongeng masa depan.

Anonim

Cerita dongeng merupakan cerita turun temurun yang biasanya tidak diketahui siapa pengarangnya. Meskipun begitu cerita dongeng tetap eksis di masyarakat entah melalui tulisan atau cerita turun temurun.

Karakter Khas

Dongeng seringkali melibatkan karakter-karakter khas seperti pahlawan, penyihir, peri, raja, rakyat jelata, hewan yang bisa berbicara, atau makhluk fantasi lainnya.

Fantastis

Cerita-cerita dongeng seringkali terjadi di tempat-tempat yang tidak nyata atau memiliki unsur-unsur fantasi, seperti hutan ajaib, istana-istana yang megah, atau dunia-dunia ajaib.

Alur Sederhana

Alur cerita padang dongeng biasanya ditulis sederhana yaitu alur maju dengan urutan perkenalan, muncul konflik, konflik, penyelesaian konflik.

Pesan Moral

Banyak dongeng yang menyampaikan pesan moral atau pelajaran hidup kepada pembaca atau pendengarnya. Pesan moral ini dapat disampaikan melalui petualangan yang dialami oleh tokoh-tokoh dalam cerita.

Mengandung Keajaiban

Cerita dongeng biasanya akan selalu menyisipkan keajaiban, seperti sihir, kekuatan supranatural, atau kejadian yang tidak mungkin terjadi dalam dunia nyata.

Kesan Mendalam

Cerita dongeng sering berakhir dengan penutup yang memberikan kesan mendalam atau pesan terakhir yang mempertegas nilai atau pelajaran yang ingin disampaikan.

Unsur-unsur Dongeng

  • Tema: gagasan atau ide utama cerita dongeng
  • Latar: keterangan suasana waktu dan ruang terjadinya suatu peristiwa
  • Alur: peristiwa yang terjadi pada dongeng
  • Tokoh: pelaku yang ada pada dongeng
  • Penokohan: penampilan dan watak dari tiap tokoh yang ada di dalam cerita dongeng
  • Amanat: pesan moral yang ingin disampaikan pada pembaca atau pendengar

Jenis Cerita Dongeng

Fabel

Cerita merupakan cerita yang berkaitan dengan hewan. Dalam cerita dongeng kita bisa menemukan banyak penokohan yang peran utamanya adalah seekor hewan. Penokohan hewan dalam cerita dongeng akan dibuat selayaknya manusia dengan karakter, sifat yang bermacam-macam. Selain itu hewan yang menjadi tokoh utama juga dapat berbicara selayaknya manusia.

Contoh fabel: Kancil dan Buaya, Si Kancil dan Kerbau, Si Kancil dan Harimau, Kancil dan Monyet, Burung Beo yang Sombong, Kura-kura dan Kelinci, Anjing dan Bayangannya, Si Anjing dan Si Serigala, Burung Elang yang Angkuh, DLL.

Mitos

Disebut juga dengan mite merupakan cerita dongeng yang berkaitan erat dengan kepercayaan masyarakat terhadap hal-hal tidak masuk akal. Biasanya berhubungan dengan mitologi, makhluk halus, dewa, kesaktian dan hal-hal gaib lainnya.

Contoh mitos: Lembu Suro, Nyi Roro Kidul, Joko Tarub, Buto Ijo, Sangkuriang,

Jenaka

Dari katanya kita pasti sudah bisa menebak jenaka merupakan cerita dongeng yang mengusung tema cerita humor. Dongeng jenaka akan mengandung banyak cerita-cerita lucu yang mengundang tawa dan menyenangkan.

Contoh jenaka: Kabayan, Pan Balang Tamak, Singa Rewa, DLL.

Sage

Sage merupakan jenis cerita dongeng yang bertema sejarah. Meskipun bertema sejarah akan tetapi akan tetap memuat unsur fantasi yang dipercayai masyarakat. Beberapa tema karakter dalam tokoh sage seperti, kebaikan, keberanian, kesaktian, dan kepahlawanan.

Contoh Sage: Calon Arang, Panji Laras, Si Pitung, Lutung Kasarung, Airlangga, dan sebagainya.

Legenda

Legenda merupakan jenis cerita rakyat yang memiliki hubungan erat dengan kehidupan masyarakat dan biasanya terkait dengan suatu peristiwa tertentu. Legenda juga merupakan cerita yang seringkali menggambarkan asal usul suatu tempat, suatu nama daerah, atau hal-hal yang berkaitan dengan alam dan lingkungan sekitar.

Contoh legenda: Gunung Agung, Tangkuban Perahu, Danau Toba, Batu Menangis, Candi Prambanan, Sangkuriang, dan lain sebagainya.

Parabel

Parabel merupakan cerita yang mengandung nilai-nilai pendidikan, entah itu dari sudut pandang agama, moral, pendidikan yang disampaikan secara tersirat.

Contoh parabel: Damarwulan, Sepasang Selop Putih, Hikayat Bayan Budiman, Malin Kundang, DLL.

Hikayat

Hikayat merupakan cerita dongeng yang mengisahkan mengenai kepahlawanan dari seseorang. Tokoh yang diceritakan dalam hikayat biasanya dikarakterkan memiliki kesaktian dan mampu menyelamatkan desa atau masyarakat.

Contoh Hikayat: Abu Nawas

Dongeng Biasa

Yang terakhir adalah dongeng biasa, yaitu jenis cerita dongeng yang biasanya umum diceritakan. Dongeng biasa memuat cerita suka duka ataupun impian seseorang.

Contoh dongeng biasa: Frozen, Cinderella, Moana, DLL.

Contoh Dongeng

Sikancil dan Buaya Palsu

Pada suatu hari di hutan yang lebat, Sikancil, si kancil cerdik, hidup dengan damai bersama teman-temannya. Namun, kehidupan mereka menjadi terancam ketika muncul sekelompok buaya ganas di sungai yang mengancam keamanan hutan.

Sikancil yang cerdik segera berpikir tentang cara untuk mengatasi masalah ini tanpa harus menghadapi buaya-buaya tersebut secara langsung. Setelah berfikir sejenak, dia punya ide brilian.

Sikancil pergi ke pinggir sungai dan membuat patung buaya dari lumpur dan ranting. Kemudian, dia meletakkan patung buaya itu di tengah sungai, sehingga tampak seperti ada buaya sungguhan di sana.

Ketika buaya-buaya sebenarnya melihat patung tersebut, mereka merasa terancam dan ragu untuk mendekat. Sikancil dengan cerdik berbicara kepada mereka, “Hati-hati! Saya adalah buaya raksasa yang diutus untuk menjaga sungai ini. Jangan ganggu hutan kami, atau kalian akan mendapat masalah!”

Buaya-buaya tersebut ketakutan dan memutuskan untuk meninggalkan sungai. Sikancil tersenyum puas dengan keberhasilannya dan berkata kepada teman-temannya, “Dengan kecerdikan, kita dapat mengatasi masalah tanpa perlu berkonfrontasi secara langsung.”

Dari hari itu, hutan tetap aman dan damai. Sikancil dan teman-temannya belajar bahwa kecerdikan dan kebijaksanaan bisa menjadi senjata yang lebih kuat daripada kekuatan fisik semata.

Bagaimana mudah bukan memahami cerita dongeng. Sekarang kamu sudah kenal apa itu dongeng dengan baik. Nah untuk kamu yang ingin belajar materi lainnya yuk gabung di kelassore.id di sana kamu bisa belajar seluruh mata pelajaran SMA, jadi nilai akademismu dijamin pasti akan meningkat dengan spesifik. Tersedia juga program persiapan SNBT dengan bonus kelas TOEFL dan study club. Mau tahu info lengkap mengenai pilihan program bimbingan belajar terbaik di Yogyakarta klik tombol di bawah ini untuk tahu info lebih lanjut.

Cukup bayar pendaftaran Rp 250.000 untuk pesan program terbaik dari KelasSore.id sebelum kuota penuh.

Ayo Daftar Sekarang!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Chat Admin